Senin, November 16

Wayang Tehno Dhalang Poer dalam Peringatan Hari Pahlawan


Komunitas Blogger Ngawi dan Insan Seni Kota Ngawi mengadakan Pagelaran Wayang Kulit atau lebih tepatnya wayang tehno yang pertama kali di adakan di kota ngawi dan mungkin pertama kali di jawa timur bahkan di indonesia,...


Bagaimana keistimewaan pagelaran wayang kulit ( wayang tehno ) dengan Dhalang Poer sebagai pencetus ide pagelaran ini, nah kalau kita sering lihat di pagelaran wayang kulit yang lain mungkin anda sudah biasa melihatnya tapi kalau wayang tehno mungkin baru kali ini anda bisa mengetahuianya.

Nah,... acara yang di adakan di halaman Radio Bahana FM Ngawi ini di awali dengan sambutan dari purnawirawan pejuang yaitu Mbah Iskan yang memberiakan wejangan dengan penuh semangat dan tak lupa membacakan sebuah syair karya Chairil Anwar yaitu " Kerawang Bekasi "

" KARAWANG BEKASI "

Kami yang kini terbaring antara Karawang-Bekasi
Tidak bisa teriak "Merdeka" dan angkat senjata lagi
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami
Terbayang kami maju dan berdegap hati?
Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu
Kenang, kenanglah kami
Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum apa-apa
Kami sudah beri kami punya jiwa
Kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu jiwa
Kami cuma tulang-tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan
Ataukah jiwa kami melayang untuk kemerdekaan, kemenangan dan harapan
Atau tidak untuk apa-apa
Kami tidak tahu, kami tidak bisa lagi berkata
Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kenang-kenanglah kami
Menjaga Bung Karno
Menjaga Bung Hatta
Menjaga Bung Syahrir
Kami sekarang mayat
Berilah kami arti
Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian
Kenang-kenanglah kami
Yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Karawang-Bekasi

Karya Chairil Anwar


nah Wayang Kulit yang di mandegani oleh dhalang poer ini diiringi oleh alunan gamelan yang ternyata merupakan gamelana modern yaitu dari alat musik orgen dan drum dan tak lupa kendang........

Keterangan  Gambar :
Gambar. 1 :Banner Kota Ngawi
2. Mister Ndru ( Pak Ketua )
3. Mbah Iskan ( Pejuang Teompoe Doeloe )
4. Dhalang Poer
5. Tukang Photo ( Abidullah / Jauh dimata )

24 komentar:

JAUHDIMATA mengatakan...

kamdulillah sukses

xitalho mengatakan...

Kreatif banget two thumbup.. untuk wayang tehnonya...

Pencerah mengatakan...

kok aku belum pernah nonton ya?

Riyanti mengatakan...

Blogwalking...
link-na udah q tautkan juga kang, matur tengkyu ea..


salam kenal n salam sayank

rahasia yang terabaikan mengatakan...

akhirnya saya ketemu tetangga sendiri di dunia blogging......ngawinya mana bang?suka ya ma wayang?wah2....salam kenal deh......mampir balik ya...ke blognya aditya........orang magetan bang...hehe

sawali tuhusetya mengatakan...

wah., pasti seru nih pagelarannya, mas damey. kayak wayang kontekstual dan kontemporer. wah, fotone mas abid bikin saya pangling, hehe ...

Anas mengatakan...

Wah wah dalang poer lagi manggung..

kacang mengatakan...

wah sayange aku gag iso muleh :(

KangBoed mengatakan...

Manstaaaaabbbsss

KangBoed mengatakan...

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
I Love U fuuulllllllllllllllllll

KangBoed mengatakan...

Pokoke acaranya manstaaaabbb

KangBoed mengatakan...

LANJUTKAN terus dengan sesuatu kegiatan yang HIDUP

ndru mengatakan...

wong nyoting difoto :-)

marsudiyanto mengatakan...

Kapan ada wayangan lagi Mas...?

rahasia yang terabaikan mengatakan...

thanks kang udah mampir....aq pengene terus saling konek ya kang......
………………….._,,-~’’’¯¯¯’’~-,,
………………..,-‘’ ; ; ;_,,---,,_ ; ;’’-,…………………………….._,,,---,,_
……………….,’ ; ; ;,-‘ , , , , , ‘-, ; ;’-,,,,---~~’’’’’’~--,,,_…..,,-~’’ ; ; ; ;__;’-,
……………….| ; ; ;,’ , , , _,,-~’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ¯’’~’-,,_ ,,-~’’ , , ‘, ;’,
……………….’, ; ; ‘-, ,-~’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’’-, , , , , ,’ ; |
…………………’, ; ;,’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’-, , ,-‘ ;,-‘
………………….,’-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’’-‘ ;,,-‘
………………..,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;__ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘-,’
………………,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;,-‘’¯: : ’’-, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; _ ; ; ; ; ;’,
……………..,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;| : : : : : ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ,-‘’¯: ¯’’-, ; ; ;’,
…………….,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘-,_: : _,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; | : : : : : ; ; ; .|
……………,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ¯¯ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’-,,_ : :,-‘ ; ; ;|
…………..,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ,,-~’’ , , , , ,,,-~~-, , , , _ ; ; ;¯; ; ; ; ; ;|
..…………,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;,’ , , , , , , ,( : : : : , , , ,’’-, ; ; ; ; ; ; ; ;|
……….,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’, , , , , , , , ,’~---~’’ , , , , , ,’ ; ; ; ; ; ; ; ;’,
…….,-‘’ ; _, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘’~-,,,,--~~’’’¯’’’~-,,_ , ,_,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘,
….,-‘’-~’’,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; | ; ; | . . . . . . ,’; ,’’¯ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ,_ ; ‘-,
……….,’ ; ;,-, ; ;, ; ; ;, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘, ; ;’, . . . . THAT'S JUST WRONG---‘’’
………,’-~’ ,-‘-~’’ ‘, ,-‘ ‘, ,,- ; ; ; ; ; ; ; ; ‘, ; ; ‘~-,,,-‘’ ; ,’ ; ; ; ; ‘, ;,-‘’ ; ‘, ,-‘,
……….,-‘’ ; ; ; ; ; ‘’ ; ; ;’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘’-,,_ ; ; ; _,-‘ ; ; ; ; ; ;’-‘’ ; ; ; ‘’ ; ;’-,
……..,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;¯¯’’¯ ; ; ; ; ; ; ; ; , ; ; ; ; ; ; ; ; ;’’-,
……,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ,, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; |, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘-,
…..,’ ; ; ; ; ; ; ; ;,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;|..’-,_ ; ; ; , ; ; ; ; ; ‘,



salam beruang hehe

rahasia yang terabaikan mengatakan...

wah gambare gak jelas......itu beruang kok.....

SanG BaYAnG mengatakan...

Suksess..
Snadyan adoh-adoh teko mung mangan lan ndomblong tok sing penting seneng ae lah..ckxkxkx..

and1k mengatakan...

wah saya belum pernah nonton wayang tuh

Hardian mengatakan...

mesti ketinggalan terus aku!!!!

gusrohman mengatakan...

WAH PA NGAK ngantuk loo mas nonton nwayang ampek malem...

mbah gendeng mengatakan...

weleh sangar nih

belajar blog mengatakan...

ohh...wayang tehno ntu artinya wayang kulit yah...?
tadenya sempet kirain wayang tehno ntu tehnology
maklum mas saya bukan orang jawa

Action Figure Toy mengatakan...

Hmmm...
bagus banget nig
sekalian pelestarian kebudayaan bangsa

arifudin mengatakan...

wah mari kita lestarikan budaya bangsa, wah pasti seru wayangannya, semalam suntuk ;)

Posting Komentar