Rabu, November 11

Penyusunan RPS untuk RSSN Jilid 1

Saya akan mencoba membantu teman-teman untuk mengetahui cara-cara atau petunjuk untuk bisa mengajukan Sekolah Mandiri Menjadi Sekolah Standart Nasional untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama yang tentunya harus melalui banyak tahapan salah satunya pengajuan menjadi Sekolah Rintisan Standart Nasional atau ( RSSN ),...

Nah untuk bisa menjadi RSSN syaratnya sekolah harus mengajukan RPS atau Rencana Pengembangan Sekolah untuk satu tahun kedepan dan 4 tahun kedepan. Nah berikut ini salah satu contoh bentuk RPS yang bisa menjadi referensi buat anda.
CONTOH PENYUSUNAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS)
I. RENCANA STRATEGIS JANGKA PANJANG SEKOLAH: MISALNYA DALAM JANGKA PANJANG DENGAN KURUN WAKTU 20 TAHUN KE DEPAN ATAU JANGKA MENENGAH 5 TAHUN KE DEPAN

Reancana strategis untuk jangka panjang ini bersifat baku, tidak berubah, dan sesuai dengan filosofi, arah, dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 (yang diamandemen) dan dalam UUSPN NO.20 TAHUN 2003
A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS :

Melaksanakan analisis makro 20 tahun atau 5 tahun ke depan tentang kondisi sosial, ekonomi, politik, keamanan, kemajuan IPETK, budaya, dsb yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap dunia pendidikan.
B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI:

Melaksanakan analisis kondisi pendidikan saat ini secara umum, baik ditinjau dari sisi mutu, akses, efisiensi, relevansi, dan manajemennya, yang dipengaruhi oleh kondisi sosial, ekonomi, politik, keamanan, kemajuan IPETK, budaya, dsb.

C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (MISALNYA 20 TAHUN ATAU 5 TAHUN KE DEPAN): melaksanakan analisis tentang sistem pendidikan (penyelenggaraan dan hasil-hasilnya) yang ideal, sempurna, dan yang seharusnya terjadi misalnya pada kurun waktu 20 tahun atau 5 tahun yang akan datang atau lebih.

D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI) ANTARA 20 TAHUN ATAU 5 TAHUN KE DEPAN DENGAN KONDISI NYATA PENDIDIKAN SAAT INI:

Analisis pengidentifikasian tantangan nyata yang dihadapi dunia pendidikan saat sekarang terhadap kondisi ideal 20 tahun atau 5 tahun ke depan, baik dalam aspek pemerataan, kualitas pendidikan, efisiensi, relevansi, standar nasional pendidikan, dan sebagainya, maka akan terlihat adanya kesenjangan-kesenjangan dalam berbagai aspek tersebut, sehingga menuntut adanya suatu strategi untuk merubah atau mencapai kondisi yang ideal tadi.

E. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA (KESENJANGAN KONDISI):

Berdasarkan pada analisis situasi, baik internal maupun eksternal sekolah, dan analisis kondisi sekolah sekarang dan yang diharapkan masa datang (lima tahun ke depan), maka dapat diketahui kesenjangan yang terjadi.

2 komentar:

Pradna mengatakan...

semoga sekolahnya segera go internasional

SMP Negeri 4 Ngawi mengatakan...

(pradna) terima kasih bang pradna

Posting Komentar