Jumat, Juli 31

Perlukah adanya " KOPERASI "

Fungsi dari Koperasi ternyata cukup besar bagi kemajuan bangsa indonesia apalagi di kota ngawi terbukti koperasi mampu membuat masyarakat menengah kebawah pada umumnya terbantu dengan adanya koperasi ini tapi bagi orang yang awam apa sich koperasi itu dan berapa banyak jenis koperasi ?? nah saya mencoba memberikan sedikit gambaran aja.

Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Fungsinya

A. Jenis koperasi berdasarkan fungsinya :

1. Koperasi Konsumsi

Koperasi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan umum sehari-hari para anggotanya. Yang pasti barang kebutuhan yang dijual di koperasi harus lebih murah dibantingkan di tempat lain, karena koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya.

2. Koperasi Jasa

Fungsinya adalah untuk memberikan jasa keuangan dalam bentuk pinjaman kepada para anggotanya. Tentu bunga yang dipatok harus lebih renda dari tempat meminjam uang yang lain.

3. Koperasi Produksi

Bidang usahanya adalah membantu penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, membantu memproduksi jenis barang tertentu serta membantu menjual dan memasarkannya hasil produksi tersebut. Sebaiknya anggotanya terdiri atas unit produksi yang sejenis. Semakin banyak jumlah penyediaan barang maupun penjualan barang maka semakin kuat daya tawar terhadap suplier dan pembeli.

Nah menurut anda jenis koperasi mana yang sekarang anda butuhkan ?? Perlukah Koperasi itu bagi kita. Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan Koperasi yach karena memang dengan adanya Koperasi kita bisa sedikit terbantu untuk memecahkan masalah2 kita.
Semoga Koperasi terus berkembang di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar