Senin, Maret 16

Kadindik Kab. Ngawi Warning Pengawas Ujian

Kadindik Warning Pengawas Ujian
Kepala Dinas Pendidikan Ngawi Abimanyu, meminta seluruh pengawas di ruang ujian menciptakan suasana ruang ujian yang nyaman bagi peserta. Kadindik minta seluruh pengawas melihat siswa peserta ujian sebagaimana anak-anak mereka sendiri

Pesan itu disampaikan setelah tahun lalu juga ada beberapa keluhan mengenai pengawas ruang ujian yang dikeluhkan siswa. Misalnya dengan sering mengetuk meja, terlalu kerap berjalan keliling ruang dan beberapa ulah lain yang selama ini menimbulkan keluhan bagi siswa. "Menciptakan suasana ruang ujian yang baik, sudah turut mendukung sistem ujian yang diharapkan siswa.

Ujian tanggal 20 April nanti juga menjadi tantangan bagi sejumlah SMA dan SMK terutama sekolah swasta yang seringkali berkontribusi dalam menyumbangkan jumlah ketidaklulusan siswa. "Semua lembaga sekolah juga harus melakukan proses belajar mengajar yang intensif menjelang ujian 20 April nanti, jadi siswa jauh lebih siap menghadapi ujian.

Pesan itu disampakan Kadindik saat memberi sambutan di ajang workshop dan pelantikan ketua MKKS SMK negeri swasta dan SMA swasta Sabtu malam lalu. Abimanyu mengingatkan , sisa waktu menjelang ujian akhir terutama bagi SMP dan SMA harus diisi sebaik-baiknya oleh para guru pembimbing dalam menyiapkan murid-muridnya. Ini karena seringkali ada salah kaprah, sekolah bersaing dalam meluluskan murid sampai semua cara ditempuh. "Padahal semetinya sekolah itu bersaing saat proses belajar mengajar, sehingga saat ujian murid sudah siap menghadapinya.

Dari beberapa try out yang sudah pernah dilakukan di tingkat pelajar SMA/SMK, rata-rata memberi hasil yang cukup. Tak mengherankan pula saat ini banyak murid kelas 3 setingkat SMP, SMA dan SMK yang menambah bekal mereka dengan mengikuti les tambahan atau menjadi siswa di pusat bimbingan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar