Sabtu, Oktober 25

VISI, MISI dan TUJUAN SEKOLAH

VISI SEKOLAH
Beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, cerdas, mandiri dan terampil
(MANTAB & CERMAT)

INDIKATOR VISI :
1) Terwujudnya lulusan beriman, bertaqwa, cerdas, terampil dan mandiri, dan memiliki budi pekerti yang luhur.
2) Terwujudnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di sekolah yang adaptif dan proaktif berdasarkan standar isi dalam SNP.
3) Terlaksananya proses pembelajaran dan bimbingan yang kondusif, efektif, kreatif, inovatif, efisien dan menyenangkan, sesuai dengan pendekatan CTL, mastery learning, dan Problem Solving, dan berbasis ICT (komputer)
4) Terwujudnya sekolah yang memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
5) Terwujudnya sekolah yang didukung dengan fasilitas sarana prasarana yang memadai, relevan dan mutakhir yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
6) Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan dengan menerapkan manajemen sekolah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
7) Terwujudnya sekolah yang mampu melaksanakan kegiatan sekolah sesuai dengan standar nasional pembiayaan pendidikan melalui penggalangan biaya pendidikan.
8) Terlaksananya program-program penilaian pendidikan di sekolah yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
9) Terwujudnya budaya sekolah yang bermutu terutama yan berkaitan dengan tata krama dan pembiasaan
10) Terwujudnya lingkungan sekolah sebagai tempat belajar yang asri, aman dan nyaman.

MISI SEKOLAH
1) Mewujudkan pengembangan pendidikan dengan lulusan yang cerdas, terampil, berbudi luhur berlandaskan iman dan taqwa, melalui peningkatan standar kompetensi lulusan (SKL) baik akademik maupun non akademik, minimal sesuai dengan SNP yang bermutu, efektif dan efisien, relevan serta berdaya saing.
2) Mewujudkan pengembangan KTSP yang adaptif dan proaktif sesuai dengan standar nasional pendidikan.
3) Mewujudkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua jenjang/kelas/tingkatan
4) Mewujudkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
5) Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan
6) Mewujudkan diversifikasi kurikulum SMP agar relevan dengan kebutuhan yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga dan berbagai sektor pembangunan serta sub sektor lainnya
7) Mewujudkan pengembangan inovasi dalam pembelajaran dan bimbingan yang kondusif, efektif, kreatif, inovatif, efisien dan menyenangkan, melalui pendekatan CTL, mastery learning, dan Problem Solving.
8) Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah yang mampu dan tangguh
9) Mewujudkan pengembangan fasilitas sarana dan prasaran sekolah yang relevan, memadai dan berwawasan ke depan.
10) Mewujudkan manajemen sekolah yang tangguh, transparan, mandiri dan akuntabel.
11) Mewujudkan sekolah yang mampu melaksanakan kegiatan sekolah sesuai dengan standar nasional pembiayaan pendidikan melalui penggalangan biaya pendidikan
12) Mewujudkan pengembangan program-program penilaian pendidikan di sekolah
13) Mewujudkan kemampuan olah raga yang tangguh dan kompetitif
14) Mewujudkan kemampuan seni yang tangguh dan kompetitif
15) Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan
16) Mewujudkan kemampuan KIR yang cerdas dan kompetentitif
17) Mewujudkan nilai-nilai agama bagi kenikmatan hidup peserta didik
18) Mewujudkan keterampilan kejuruan yang marketable dan kompetif
19) Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah
20) Mewujudkan sekolah sehat
21) Mewujudkan sekolah wiyata mandala yang menikmatkan belajar siswannya
22) Mewujudkan lingkungan sekolah menjadi lingkungan belajar yang nyaman, aman, rindang, asri, bersih
TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan visi dan misi sekolah, maka tujuan yang hendak dicapai oleh SMP Negeri 4 Ngawi antara lain sebagai berikut :
1) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan aspek untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran pada tahun 2008
2) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan RPP untuk kelas 7-9 semua mata pelajaran pada tahun 2008
3) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar isi yang meliputi buku 1 KTSP, Standar Kompetensi/Kompetensi dasar/ Dsilabus, model/sistem penilaian lengkap, dan RPP lengkap.
4) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran meliputi pelaksanaan pembelajaran dengan strategi/metode: CTL, pendekatan belajar tuntas, dan pendekatan pembelajaran individual.
5) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, dan semua mengajar sesuai bidangnya.
6) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi: semua srapras, fasilitas, peralatan, dan perawatan.
7) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, dan administrasi.
8) Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan secara reguler dan kontinyu yang meliputi ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas dan ujian nasional
9) Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya sekolah yang bermutu.
10) Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 7K secara lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar